Pelatihan Pengembangan Re Orientasi Mutu Kurikulum Berbasis Outcomes Based Education (OBE) Program Studi Di Lingkungan Universitas Labuhanbatu

Rantauprapat, 20 Februari 2023

Bertempat di Ruang Seminar Eksekutif Universitas Labuhanbatu, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengadakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Re Orientasi Mutu Kurikulum Berbasis Outcomes Based Education (OBE) Program Studi Di Lingkungan Universitas Labuhanbatu . Kegiatan ini diinisiasi oleh Ketua Prodi  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu Ibu Rohana, M.Pd dan dibantu Oleh Dosen Tetap Prodi  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan . Tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu untuk mengembangkan kurikulum agar menghasilkan lulusan dengan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri serta memiliki daya saing global. Kegiatan ini dihadiri oleh dekanat, para dosen, serta narasumber yang diundang untuk memberi saran dan masukkan demi pengembangan kurikulum prodi.

Kurikulum OBE atau Outcome-Based Education merupakan kurikulum yang fokus pada capaian pembelajaran dimana diharapkan mampu memenuhi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi dan budaya akademik. Untuk itu diperlukan saran dan masukkan dari berbagai narasumber baik dari dunia pendidikan maupun dari dunia industri dan UMKM guna memberi gambaran mengenai kompetensi apa yang benar-benar dibutuhkan oleh para lulusan saat ini.

Penyetaraan atau Penyeimbangan kurikulum diperlukan agar memenuhi profil lulusan yg tidak hanya bekerja di bidang pendidikan tetapi dapat bekerja di dunia industri. Beberapa catatan masukkan dari para narasumber adalah sebagai berikut:

  • Pemberian soft skill tidak hanya pada mahasiswa semester akhir namun juga perlu dimasukkan dalam kurikulum tahun berjalan
  • Penguatan mata kuliah microteaching, sebab berguna untuk keduanya baik pendidikan maupun industri
  • Masukkan unsur kreativitas dalam mata kuliah seperti Etika Bisnis dan Kewirausahaan
  • Mengadakan webinar atau training yang sesuai dengan isu-isu terbaru
  • Kemampuan komunikasi perlu ditingkatkan tidak hanya sebagai pembicara namun juga sebagai pendengar

Saran dan masukkan tersebut menjadi pertimbangan bagi prodi untuk mengembangkan kurikulum. Kedepannya prodi akan mengadakan kegiatan serupa secara berkala demi pengembangan kurikulum yang lebih baik dengan mengundang narasumber-narasumber dari berbagai bidang ilmu.