Umum

Universitas Labuhanbatu Gelar Kuliah Umum Tentang “Kewirausahaan” Tahun 2022

Labuhanbatu, 15 Desember, 2022.

Entrepreneurship (kewirausahaan) adalah suatu proses penerapan inovasi dan kreativitas dalam menciptakan sesuatu yang berbeda dan memiliki nilai serta kemampuan menghadapi tantangan hidup dengan cara melihat peluang dari berbagai resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan.

Bertempat Auditorium Universitas Labuhanbatu dilaksanakannya kuliah umum tentang Kewirausahaan dengan tema” Membidik Peluang Usaha di Usia Muda Melalui Enterpreneurship”, adapun yang menjadi narasumber yaitu Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajeksyah , S.Sos., M.Hum yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan , Aset dan SDA, Dr. H. Agus Tripriyono, S.E., M.Si, AH., CA. acara dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2022 pada pukul 10:00 wib s/d selesai.

Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas Al Wasliyah (UNIVA) Labuhanbatu Basyarul Ulya Nasution, S.H., MM, Ketua DPD Golkar Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe, ST., M.T, selanjutnya  dari pihak Universitas Labuhanbatu dihadiri oleh Wakil Rektor III Dr. Amin Harahap, S.Pd.I., M.Si yang mewakili Rektor Universitas Labuhanbatu Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, Ph.D, Direktur Pascasarjana Dr. Zulkifli Musannif Efendi Siregar, SE., M.Kom, Dekan Fakulktas Ekonomi dan Bisnis Pristiyono, SE., M.Si, Dekan Fakultas Hukum Risdalina, SH., M.H, Dekan Fakultas Sain dan Teknologi Dr. Novilda Elizabeth Mustamu, SP., M.Si, Dekan Fakultas Keguruan dan Keguruan Ika Castanti, S.Si., M.Pd. Ketua LPPM Dr. Arman Harahap, S.Pd., M.Pd, Ketua LPMI Rahma Mutia, M.Si, Kabiro keuangan Muhammad Ali Al Ikhsan Nasution, SE., M.Si, Kabiro Kemahasiswaan Masrizal, S.Kom., M.Kom serta dihadiri Bapak/Ibu Dosen dan mahasiswa/i dilingkungan Universitas Labuhanbatu.

Akhiruddin Ritonga, S.H, selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum yang dilaksanakan ini adalah kuliah umum untuk ke 2 (dua) kalinya dilaksanakan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, untuk kuliah umum yang pertama Bapak Wakil Gubernur langsung hadir memberikan materi tentang kewirausahaan dan untuk kali ini dikarenakan sesuatu hal Pak Wagub tidak dapat hadir dan diwakili oleh Dr. H. Agus Tripriyono, S.E., M.Si, AH., CA. selanjutnya Pak Akhir menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum ini cukup baik karena relevan dengan visi dan misi Universitas Labuhanbatu yaitu Kreatif, Mandiri, Berwirausaha. Diakhir laporannya Pak Akhiruddin  menghimbau kepada mahasiswa/i agar mengikuti kegiatan ini sampai selesai acara dan jangan lupa untuk bertanya kepada narasumber tentang kiat sukses menjadi Enterpreunership. Sebutnya

Selanjutnya kata sambutan dari Wakil Rektor III Dr. Amin Harahap, dalam sambutannya Pak Amin menyampaikan tentang pengalamannya menjadi seorang pengusaha dan memotifasi para Bapak/Ibu dosen dan mahasiswa untuk menjadi seorang pengusaha, disamping kita membantu pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan baru dan juga kita belajar untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses yang tentunya kita harus perbanyak jaringan dengan pengusaha lainnya, di akhir sambutannya Pak Amin mengajak para Bapak/Ibu dosen dan mahasiswa/i untuk menjadi seorang pengusaha/berwirausaha. Ungkapnya

Selanjutnya acara kuliah umum yang dipandu oleh Moderator Bapak Muhammad Raja Siregar, SE., M.Si. sebelum kuliah umum dimulai terlebih dahulu moderator membacakan profil dari Narasumber. Pemaparan oleh Dr. H. Agus Tripriyono membahas tentang kewirausahaan diantaranya Tujuan seseorang berwirausaha yaitu, Membuka lapangan pekerjaan yang baru bagi orang lain,  membuka jaringan bisnis yang baru yang dapat menyerap tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan hidup dan mengembangkan semangat berwirausaha. Adapun cirri-ciri jiwa wirausaha yaitu Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Keberanian menganbil resiko, Kepemimpinan, Berorientasi kemasa depan dan kreatifitas dan inovasi. Di akhir paparannya Dr. H.Agus mengajak kepada seluruh tamu undangan dan mahasiswa kita harus berani dan berminpi” semua berawal dari “Mimpi” dan “ Yakin” bisa, Maka Lakukan  “ Rencana Besar” dalam hidup anda untuk meraihnya.

Setelah usai pemaparan materi dilanjutkan acara tanya jawab, usai acara dilaksanakan acara foto bersama. “Ak.