WORKSHOP PENGGUNAAN APLIKASI PIN DAN SIVIL

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi selalu berupaya meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Peningkatan kualitas tersebut mulai dari dukungan produk hukum, penyediaan fasilitas dan perangkat lunak pendukung implementasi kebijakan.

Salah satu perangkat lunak yang dibangun adalah pangkalan data pendidikan tinggi. Pangkalan data tersebut hadir dengan nama yang mengalami perubahan seiring dengan cakupan dan perkembangan data perguruan tinggi.

Nama pertama dikenal dengan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) yang didukung dengan sistem under DOS. Dalam sistem tersebut terdapat data dosen, data mahasiswa, sarana prasarana, proses belajar mengajar, penelitian dosen, nilai mahasiswa, pengajuan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

Kemudian berkembang menjadi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan cakupan data lebih luas dan memuat program studi, profil PT, profil dosen dan data profil mahasiswa.

Kemudian PDPT berubah menjadi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dengan sebutan PD DIKTI dengan alamat web http://forlap.dikti.go.id/ yang bisa diakses siapapun, kapanpun dan dimanapun. Operator PD DIKTI di perguruan tinggi menginput data secara offline dan dapat disinkronkan (sinkronisasi) setelah data diinput secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *